Dampak Pelaksanaan Softskill Bagi Mahasiswa

Universitas Gunadarma adalah salah satu universitas yang mengutamakan penyelenggaraan pendidikan berbasis IT (Informasi Teknologi). Hal tersebut didasarkan pada pentingnya penerapan IT dan komputer di kalangan mahasiswa untuk menunjang proses belajar, sehingga diharapkan prestasi yang dapat diraih tiap-tiap mahasiswa dapat lebih meningkat.  Salah satu wujud nyata dari penyelenggaraan pendidikan berbasis IT adalah diberlakukannya mata kuliah softskill bagi setiap mahasiswa.

Dalam mata kuliah softskill, tiap-tiap mahasiswa dituntut untuk menguasai dasar-dasar pengoperasian komputer, mampu memakai beberapa software standar (seperti Ms. Word), menguasai cara mengirim surat elektronik (e-mail), dan menguasai cara menulis suatu artikel yang selanjutnya dipublikasikan dalam blog pribadi masing-masing mahasiswa. Selain itu, Universitas Gunadarma juga mendukung mahasiswa agar dapat mengetahui berbagai hal yang penting terkait tentang perkulahan dengan memberikan fasilitas akun pribadi mahasiswa (Student Site). Akun pribadi tersebut tidak hanya dapat digunakan sebagai media informasi bagi mahasiswa, tetapi juga sebagai sarana bagi setiap mahasiswa untuk mencantumkan tugas-tugas terkait dengan mata kuliah softskill.

Pelaksanaan softskill secara tidak langsung menuntut mahasiswa untuk memiliki blog pribadi agar dapat mengerjakan tugas-tugas mata kuliah softskill. Saat ini, telah banyak situs-situs yang menyediakan jasa pembuatan blog pribadi yang sifatnya mudah dan gratis, sehingga pembuatan blog pribadi secara teknis memang tidak begitu menyulitkan mahasiswa. Teknik-teknik dalam membuat suatu artikel pada blog pribadi memang tidaklah begitu sulit dan relatif mudah untuk dipelajari. Mahasiswa yang membuat blog pribadi, secara otomatis akan terpacu untuk meningkatkan kreatifitasnya dalam menulis, supaya blog pribadinya memiliki berbagai artikel menarik dan dapat menjadi blog yang disenangi banyak orang.

Jika dicermati lebih mendalam, pelaksanaan softskill sesungguhnya sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Mahasiswa dapat menjadi lebih menguasai internet dan termotivasi untuk lebih kreatif dalam menulis. Biaya untuk memenuhi tugas-tugas dalam mata kuliah softskill sebenarnya lebih hemat dibandingkan dengan tugas-tugas mata kuliah lain yang seringkali dikumpulkan dalam bentuk makalah, paper, slide presentasi, Laporan-laporan, dan sebagainya. Pengerjaan tugas mata kuliah softskill pun sesungguhnya relatif lebih mudah dibandingkan mata kuliah lain, sebab tugas-tugas dalam mata kuliah softskill pada dasarnya tidak menuntut terlalu banyak aturan (manner), yang penting adalah isinya benar (sesuai dengan topik utama yang dibahas) dan menarik untuk dibaca.

Selain memiliki banyak manfaat, pelaksanaan mata kuliah softskill ternyata juga meiliki beberapa masalah. Masalah-masalah tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  • Fasilitas jaringan internet belum tentu dimiliki oleh semua mahasiswa di rumahnya masing-masing. Mahasiswa yang di rumahnya tidak tersedia jaringan internet akan mengalami kesulitan karena harus menyewa jasa warnet setiap kali ingin mengumpulkan tugas. Universitas Gunadarma memang menyediakan internet lounge bagi mahasiswa agar dapat menggunakan jaringan internet secara gratis, namun jumlah penggunanya masih terbatas dan waktu pemakaiannya hanya selama 20 menit per mahasiswa. Jika seorang mahasiswa hanya memiliki waktu untuk mengumpulkan tugas softskill pada malam hari, maka mahasiswa tersebut harus menggunakan jasa warnet, karena internet lounge di kampus tidak buka sampai malam hari. Dengan demikian, masih ada kendala yang cukup berarti bagi mahasiswa yang tidak memiliki jaringan internet di rumahnya.
  • Mata kuliah softskill yang selalu menggunakan internet sebenarnya menunjukkan bahwa mata kuliah ini sangat tergantung pada koneksi internet. Hal ini menunjukkan bahwa jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada situs tertentu yang dibutuhkan (misalnya terjadi error pada situs blog pribadi atau situs student site sedang mengalami gangguan), maka secara otomatis mahasiswa yang bersangkutan tidak dapat mengumpulkan tugas-tugasnya sekalipun semua tugasnya sudah diselesaikan.
  • Mata kuliah softskill sebenarnya adalah mata kuliah biasa yang dijadikan softskill, sehingga terjadi perubahan sistem belajar-mengajar antara dosen dan mahasiswa. Perubahan tersebut adalah pada waktu mengajar dosen yang tidak diwajibkan full time, hal ini membuat ilmu yang diperoleh mahasiswa benar-benar hanya tergantung pada diri mahasiswa itu sendiri. Jika mahasiswa antusias dalam memperdalam ilmunya terkait dengan mata kuliah tersebut, maka dia akan semakin kaya akan ilmu, namun jika seorang mahasiswa kurang / tidak antusias, maka ilmu yang didapatkannya pun tidak akan mendalam.

 

Demikian pendapat saya tentang dampak pelaksanaan softskill bagi mahasiswa, semoga artikel saya ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

About these ads
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s