Kenaikan Harga Kedelai Mengancam Ketahanan Pangan di Indonesia

Pendahuluan

 

Di Indonesia kedelai merupakan komunitas pangan yang strategis sehingga upaya untuk berswasembada tidak hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan, tetapi juga untuk mendukung agro industri yang menghemat devisa dan serta mengurangi ketergantungan terhadap impor. Sehingga langkah swasembada harus di tempuh karena tergantungan yang makin besar pada impor bisa menjadi musibah terutama jika harga dunia sangat mahal akibat stock menurun. Dan ketergantungan bahan pangan dari luar negeri dalam jumlah besar akan melumpuhkan ketehanan nasional dan mengganggu stabilitas sosial, ekonomi, politik bagi masyarakat, dan ketehanan pangan berpengaruh langsung terhadap kesejahteraan rakyat Indonesia.

Sedangkan kita lihat sekarang, tingkat swasembada kedelai sampai saat ini belum tercapai, karena jumlah kebutuhan masih relatif lebih besar di bandingkan dengan jumlah produksi. Sehingga hal ini menyebabkan impor kedelai terus meningkat dari tahun ketahun. Jadi kita dapat bisa mengetahui secara mendalam, peningkatan ketahanan pangan merupakan program utama depertemen pertanian yang berdampingan dengan upaya peningkatan kesejahteraan petani dan peningkatan nilai tambah dan daya saing produk pertanian di Indonesia.

 

Pembahasan

 

Jadi kita dapat mengetahui, ketahana pangan itu merupakan konsep yang dinamis dalam arti di gunakan untuk mengukur secara langsung kualitas sumber daya dengan cara mengukur kecakupan pangan dan gizinya. Karena sifatnya yang dinamis, sehingga ketahanan pangan disuatau negara sangat di pengaruhi tidak hanya dari produksi dan sistemnya, namun juga dilihat dari kondisi sosial ekonomi yang terjadi di negara tersebut.

Jadi kita dapat mengetahui secara mendalam arti strategis kedelai di Indonesia pada saat ini, seperti:

 

*          Kedelai merupakan komunitas tanaman pangan terpenting setelah padi dan jagung. Dan selain itu kedelai juga merupakan komuditas palawija yang kaya akan protein, sehingga kedelai segar sangat dibutuhkan dalam industri pangan.

*          Kedelai merupakan komunitas strategis yang unit, tapi kontrdiktif dalam usaha petani di Indonesia. Dengan tujuan nya kedelai sangat banyak manfaat nya bagi masyarakat, karena wajar bisa di urus dengan tanah yang subur, seperti di daerah pedesaan, di Sumatera. Dan kedelai memang wajar naik harganya karena akibat zaman yang baru.

*          Kedelai merupakan sumber dan lemak yang sangat tinggi bagi gizi manusia dan hewan di Indonesia. Maksud nya kedelai memang wajar banyak gizi dan vitamin nya, dimana kedelai itu mengundang dari hasil tanaman, dan tidak ada penggangu penggangu bagi masyarakat. Dan untuk itu, untuk menambah gizi dan kesehatan kita terjamin sehat dan sempurna.

*          Kedelai merupakan komunitas pangan bergizi tinggi dengan harga yang terjangkau oleh semua lapisan masyarakat. Maksudnya kedelai wajar naik harganya buat masyarakat, untuk kesuksesan buat semua masyarakat. Dan kita dapat mengetahui produk pangan yang di hasilkan dari kedelai. Seperti: tahu, tempe, kecap, ekskri, susu kedelai, minyak makan dan tepung kedelai. Maka masyarakat lebih cenderung buat kedelai untuk menjaga kesehatan, walaupun tingkat harganya meningkat. Seperti tempe dan tahu memang wajar di naikin, untuk menutupi segala utang indonesia ini sangat besar, sehingga di bebankan untuk tingkat harganya kedelai.

*          Kedelai sebagai tanaman palawija tradisional telah berubah dari tanaman sampngan menjadi tanaman strategis dalam ekonomi nasional. Maksudnya kita harus sepakat bagi hasi tanaman itu terkenal dan maju untuk kepentingan masyarakat, dimana kedelai sangat berguna dan banyak manfaatnya bagi rakyat atau masyarakat Indonesia.

*          Kedelai merupakan salah satu tanaman palawija yang menduduki posisi sangat penting untuk konsumsi pangan dan bahan baku karena mengandung proten, lemak, vitamin dan mineral. Tujuan nya masyarakat lebih memeentingkan kedelai itu buat tubuh kita, karena kedelai mengandung vitamin bagi kita. Dan kedelai memang makanan pokok kita, agar kita lebih sehat dan kuat, dan terutama buat anak anak sekolah lebih penting, agar daya ingat nya bisa lebih cepat.

*          Kedelai memang wajar kita dukung, walaupun tingkat harganya nai, atau mahal. Karena kedelai salah satunya makanan khas kita dan mengandng banyak vitamin dan mineralnya.

 

Kesimpulan

Jadi sudah dapat mengetahuinya, ketergantungan indonesia pada impor kedelai, yang makin meningkat baik volume maupun nilainya, sangat membahayakan terhadap ketahanan pangan nasional. Dan bukti emfiris adanya lonjakan harga kedelai diatas ambang batas psikologis telah membuat susah banyak orang karena adanya ”Multiflier effect”. Jadi adanya imfor kedelai yang sebenarnya dapat diproduksi petani dalam negeri, membuata turunya semangat petani untuk meningkatkan produksi. Jadi dalam hal ini juga pemerintah harus berani dan mampu memberikan pertimbangan harga kepada petani sehingga petani akan terdorong untuk meningkatkan produksi kedelai dalam negeri kita ini.

Maka ditinjau dari semangat untuk membangun perekonomian indonesia dengan kekuatan sendiri, terutama untuk mencukupi kebutuhan pangan sendiri, hal ini sangat sejalan dengan catatan historis keberadaan dan kelangsungan masyarakat indonesia karena kedelai bagi Indonesia bukan semata-mata, sebagai komuditas bernilai ekonomi juga sekaligus mengundang nilai sosial, psikolongis dan politik. Maka dalam hal ini indonesia tidak perlu memperluas memperdalam liberilisasi dan perdagangan pangan, terutaman untuk melindungi petani dan persaingan yang tidak adil dalam perdagangan kedelai dunia.

 

Daftar Pustaka

  • Alimoeso, s. 2008. Produksi Produksi Kedelai Belim Akan Menolong. Kompas 26 Januari 2008.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s